Recent Posts

banner image

Membuang item menu klik kanan pada explorer melalui regedit



Ketika kita menginstal program tertentu, secara otomatis akan ditambahkan pada menu klik kanan dari file atau folder kita. sebenarnya hal ini tidaklah menjadi masalah, tapi ketika banyak program yang sejenis yang kita instal, maka masalah baru akan kelihatan. menu klik kanan file atau folder kita jadi lebih lama. tapi siapa sangka, untuk membuangnya atau menyembunyikannya begitu mudah.
caranya begini:
untuk menu klik kanan pada file:
Start | Run… –> ketik pada Open: regedit –> tekan enter –> muncul jendela Registry Editor (hati-hati di area ini, jangan mengedit, menghapus, atau menambahi isi jika tidak paham, karena bisa bikin Windows crash).
buka alamat key berikut ini:
“HKEY_CLASSES_ROOT\*\shellex\ContextMenuHandlers”.
sub key yang ada dibawah ContextMenuHandlers, itulah yang ditampilkan di dalam menu klik kanan file. Daripada kita menghapus menu ini mendingan dinon aktifkan saja, caranya:
- klik ganda pada string yang ada di dalam sub key di bawah ContextMenuHandlers. nama subkey nya sesuai dengan nama menu yang kita kehendaki untuk disembunyikan. misalnya kita ingin menyembunyikan menu Winzip pada menu klik kanan, maka string yang dimaksud adalah string yang berada di dalam sub key Winzip di bawah ContextMenuHandlers.
- di dalam value data: ada angka heksadesimal. untuk menyembunyikan, bisa kita tambahi dengan tanda strip (-) di depan kurung kurawal angka heksadesimal tersebut. misalnya: value data: {B41DB860-8EE4-11D2-9906-E49FADC173CA}, kita tambahi tanda strip menjadi: value data: -{B41DB860-8EE4-11D2-9906-E49FADC173CA}.
- jika suatu saat kita membutuhkan lagi menu tersebut, kita tinggal menghilangkan saja tanda strip tersebut. Ok khan?
catatan:
perhatikan bahwa cara tersebut hanya untuk menu klik kanan pada file, sedang pada folder dan drive, alamat registrynya berbeda. untuk menu klik kanan folder alamat registrynya yaitu:
untuk menu klik kanan pada folder & drive:
“HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shellex\ContextMenuHandlers”
“HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shellex\ContextMenuHandlers”
cara merubahnya sama persis aturannya dengan merubah menu klik kanan file.
Menambah item menu:
Untuk folder, masuk ke key berikut ini:
“HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shell”
- klik kanan pada key shell: pilih menu New | Key, kasih nama Notepad (atau terserah Anda namanya. nama ini yang akan muncul di menu). Klik kanan pada key Notepad atau nama apapun yang Anda pilih. Pilih menu New | Key. Kasih nama Command (kalo ini wajib sama penamaannya). klik pada key Command tersebut.
- Pindah pada panel sebelah kanan. ada string (Default), klik kanan pada string tersebut, pilih Modify. Isi Value data: dengan “Notepad.exe” (tanpa tanda petik). Klik OK.
- Buka Explorer, klik kanan pada sembarang folder dan lihat hasilnya. kalo sudah ada kata Notepad (atau kata apapun yang diberikan sebelumnya), berarti sudah berhasil.
- Key lengkapnya pada Registry Editor kurang lebih seperti ini:
“HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shell\Notepad\Command”
- atau kalo key-nya diekspor pada registry editor hasilnya akan seperti ini:
—————-
Windows Registry Editor Version 5.00
[HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shell\Notepad\Command]
@=”Notepad.exe”
—————–
Untuk File, masuk ke alamat key berikut ini:
“HKEY_CLASSES_ROOT\*”
jika di dalan key * belum ada key shell, klik kanan pada key *, pilih menu New | Key, kasih nama shell. Langkah selanjutnya sama dengan langkah-langkah di atas.

Membuang item menu klik kanan pada explorer melalui regedit Membuang item menu klik kanan pada explorer melalui regedit Reviewed by siuwild on 14.52 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.