Recent Posts

banner image

Pengertian Standby, Shutdown, Hibernate & Sleep

Pengertian Standby, Shutdown & Hibernate.Sobat sekalian kai ini saya akan sedikit berbagi ilmu tentang komputer, yaitu Pengertian Standby, Shutdown & Hibernate. Mungkin  kita sudah sering melihat tulisan Standby, Shutdown & Hibernate. Namun kita belum terlalu paham dari maksud tulisan tersebut. Meskipun kita sering menggunakan tapi kau tidak tau apa maksud dari itu mungkin juga tidak afdol. Maka dari itu saya akan sedikit share tentang Pengertian Standby, Shutdown & Hibernate. Langsung aja simak artikel yang saya posting ini.


1. Standby 
Ketika kita memilih menu ini, windows akan membuat keadaan komputer dalam keadaan hemat energi. Hemat energi disini maksudnya adalah, komputer dinyalakan dengan menggunakan listrik seminim mungkin. Hal yang biasa terjadi ketika komputer dalam keadaan standby adalah monitor dalam keadaan mati ( tidak menampilkan gambar ). Pada keadaan standby, komputer menunggu respon dari user agar kembali seperti semula atau kembali ke keadaan normal. Responnya diantara lain adalah gerakan mouse dan akses keyboard ( kita menekan tombol di keyboard ).  

2. Shutdown 
Kalau yang ini sudah jelas, yaitu mematikan komputer secara keseluruhan. Saat kita memilih shutdown, semua komponen komputer (ram, hardisk, prosesor, dll) akan dinonaktifkan, yaitu diputus aliran listriknya. Pada saat ini memori komputer (ram) dikosongkan, sehingga jika hendak menghidupkan komputer kembali, butuh waktu cukup lama untuk me-load sistem operasi (misal windows) kembali ke ram. Ini terkait dengan pentingnya memori bagi komputer dan cara kerja sistem operasi.  

3. Hibernate 
Pilihan hibernate membuat komputer mati ( off ) seperti pada pilihan shutdown. Namun ada yang berbeda dalam pilihan ini, yaitu sebelum komputer dalam keadaan off, memori-memori yang ada di ram ( volatile memory ), di copy semua ke dalam hardisk ( non-volatile memory ). Maksud dari pernyataan ini adalah semua aktifitas kita ( memori-memori aplikasi yang sedang kita buka, seperti word dll ) akan disimpan dalam hardisk. Dan ketika kita nyalakan kembali komputer kita, ram akan meminta kepada hardisk memori-memori yang tadi tersimpan, sehingga nantinya booting akan lebih cepat karena ram sudah memiliki memori yang dibutuhkan untuk masuk ke windows. Juga aplikasi-aplikasi yang tadi kita gunakan ( sebelum di-hibernate ) akan langsung terbuka begitu masuk ke windows.
4.  Sleep
Tombol Sleep dipergunakan untuk membuat komputer tertidur,maksud tertidur disini adalah,windows menyimpan semua aktifitas nya di dalam RAM dan berjalan dengan POWER yang sangat kecil ( listrik yang digunakan sangat sedikit ) dan memungkinkan kembali seperti semula hanya dengan beberapa detik .Hanya saja SLEEP ini hanya bisa berjalan jika masih ada battere,kalau ternyata battere nya mau habis maka komputer akan “Bangun” sendiri dan masuk ke HIBERNATE STATE, yaitu meng-copy semua aktifitas ( memori ) di ram ke dalam HARDISK
Mungkin kalian sekerang dah cukup paham tentang Pengertian Standby, Shutdown & Hibernate. Jangan lupa ninggalin komentar ya sob. :D dan saya ucapkan termakasih pada kalian semua yang sudah menyempatkan diri untuk mampir ke blog ane ini..
Pengertian Standby, Shutdown, Hibernate & Sleep Pengertian Standby, Shutdown, Hibernate & Sleep Reviewed by siuwild on 20.10 Rating: 5

4 komentar:

  1. [ask] np lptop Acer lw d stanbay usbx masih bisa digunakan trus np lw toshiba tdk? ad yg slah ga'

    thanks dah berbagi

    BalasHapus
  2. Nice share sob sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. @KAPAK ComunityBukan hanya acer saja yang behitu tapi axio juga mas,,lain lagi dengan HP ma toshiba,kalu soal itu saya masih bingung menyimpulkan,.

    BalasHapus
  4. Terima kasih gan dah berbagi. Baru paham aku.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.